Komposisi Makanan Ideal Untuk Berkembang Kembang Anak

Makanan dengan kandungan gizi cukup dan sepadan penting untuk berkembang kembang anak dan memiliki pengaruh eksklusif pada kemajuan otak, menurut Ketua Unit Kerja Koordinasi Gizi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Endang D. Lestari SpA(K).

"Berbagai gizi mempunyai faedah eksklusif untuk kemajuan otak, tergolong proses kognitif dan emosi," katanya di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, mudah-mudahan keperluan gizinya tercukupi anak harus memperoleh kuliner dengan kandungan karbohidrat sekitar 50 persen, lemak 30 persen, protein 10-15 persen dan sisanya vitamin dan mineral, untuk sekali makan.

Endang juga menekankan pentingnya lemak untuk pertumbuhan dan kemajuan otak anak.

"Anak memerlukan lemak. Karena otak 60 persennya berisikan lemak. Jika anak pembatasan makanan lemak, dikhawatirkan otaknya tidak berkembang," kata dia.

Selain nutrisi sepadan (karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin), ia melanjutkan, anak juga memerlukan nutrisi spesifik seumpama Kolin, AA, DHA, Iodium, Zat Besi dan Asam Folat.

"AA, DHA dan Kolin merupakan beberapa elemen kunci dalam pembetukan sinaps pada 1.000 hari pertama kehidupan, periode emas untuk proses mencar ilmu dan pertumbuhan. Misalnya bisa diperoleh dari daging, ikan bahari dan ganggang laut," kata dia.

Ia menerangkan pula bahwa kelemahan nutrisi sanggup memiliki pengaruh negatif pada kemajuan otak serta mensugesti kemajuan fungsi kognitif, motorik dan sosio-emosional anak dalam jangka panjang.

Hal ini pasti kokoh juga pada kesanggupan mencar ilmu anak, fokus dan atensinya, kata dia.



* Infografis: Sehat_Negeriku
* Referensi: Antaranews

Comments

Popular posts from this blog

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Memperpendek Usia

Bahaya Kelamaan Tidur

Orang Renta Bertanggung Jawab Bangkit Abjad Emosional Anak