6 Hal Yang Bisa Turunkan Kecerdasan Otak

Setiap insan memiliki kecerdasan intelektual atau dipahami dengan IQ (intelligence quotient) yang berbeda-beda. IQ bisa diukur untuk berbincang tingkat kecerdasan seseorang walau tak ada ukuran niscaya alasannya yakni kecerdasan seseorang bisa menurun.

Dirangkum dari banyak sekali hasil observasi dan saran para pakar, banyak aspek yang dapat menghasilkan kecerdasan otak menurun. Berikut 6 hal yang dapat menghasilkan kecerdasan otak Anda menurun.

1. Stres
Stres bisa menyebabkan penurunan kesanggupan otak seseorang. Banyak hal yang dapat mengembangkan hormon stres, menyerupai ada permasalahan keuangan, perselisihan dalam keluarga, dan permasalahan pekerjaan.
"Tingkat stres tinggi tak cuma sanggup menghasilkan fungsi otak yang menurun, namun berhubungan dengan meningkatnya risiko penyakit Alzheimer," ujar Brendan Kelley, andal saraf di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Ohio.

2. Obesitas
Berdasarkan sejumlah penelitian, keistimewaan berat tubuh atau obesitas sanggup menurunkan fungsi kognitif seseorang. Menurut Kelley, obesitas juga mengembangkan risiko demensia di kemudian hari. Obesitas yang berhubungan dengan rendahnya kesanggupan intelektual seseorang ini sudah dibuktikan pada suatu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

3. Banyak makan manis
Manfaat konsumsi gula tak semanis rasanya. Menurut dokter andal saraf dari New York, Allen Towfigh, konsumsi gula atau makan makanan anggun dalam jumlah besar bisa memengaruhi sel-sel otak.
Berdasarkan observasi oleh University of Southern California, gula sanggup membuat peradangan pada bab otak. Banyak makan manis, juga bisa menghasilkan Anda menjadi gemuk, menderita diabetes tipe 2, dan mengembangkan risiko demensia atau pikun.

4. Multitasker
Menjadi multitasker atau menjalankan banyak pekerjaan dalam waktu bersama-sama justru sanggup menghalangi kerja otak. Menurut Towfigh, otak juga memiliki batas kemampuan. Sama halnya menyerupai komputer yang hadir menjadi pelan dikala kita membuka banyak agenda di dalamnya.

5. Terpapar asap rokok
Merokok maupun menjadi perokok pasif juga sanggup menghancurkan sel-sel otak. Menurut peneliti, racun dari asap rokok sanggup mengusik kesanggupan sel otak untuk menyimpan gunjingan yang diterima dan komunikasi secara efektif.

"Terlalu usang terpapar asap rokok sanggup mengembangkan karbon monoksida dalam tubuh, mengambil alih oksigen yang penting untuk otak dan tubuh ,” ujar Towfigh.

6. Jet lag
Sering berpergian dengan pesawat melayang dan melalui zona waktu yang berbeda-beda sering menghasilkan seseorang jet lag. Menurut observasi dari University of California, Berkeley, jet lag mengusik ritme sirkadian tubuh.

Menurut psikolog, Elizabeth Lombardo, jet lag tak cuma membuat permasalahan tidur dan makan, namun juga pergantian hormon dalam tubuh yang sanggup memengaruhi memori otak



*Infografis: Sehat_Negeriku
*Referensi: Kompas

Comments

Popular posts from this blog

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Memperpendek Usia

Bahaya Kelamaan Tidur

Orang Renta Bertanggung Jawab Bangkit Abjad Emosional Anak