Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir Atau Hand Sanitizer

Di masa serba gampang ini, cairan pencuci tangan atau hand sanitizer menjadi opsi mempertahankan tangan tetap higienis. Untuk yang sedang bepergian, cara ini mungkin jadi jalan keluar dikala susah menerima air mengalir dan sabun untuk membersihkan tangan. Tapi nyatanya, sekarang mereka yang sedang berdiam di rumah atau kantor pun banyak yang memutuskan mencuci tangan memakai hand sanitizer ketimbang air dan sabun.

Banyak jago sependapat, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun tetap lebih baik ketimbang memakai hand sanitizer. Air dan sabun tetap diandalkan lebih bisa menetralisir kotoran dan kuman, terlebih dikala tangan memang terlihat kotor dan berminyak.

Hand sanitizer berbahan alkohol cantik untuk membersihkan tangan cuma dikala tangan memang telah dalam kondisi bersih untuk menegaskan kuman betul-betul mati.

Bagaimana dengan hand sanitizer yang mengandung antibiotik ringan menyerupai triclosan? Apakah memang lebih baik ketimbang hand-sanitizer biasa? Banyak peneliti tidak menyepakati penggunaan triclosan dalam hand sanitizer. Triclosan tidak efektif membunuh kuman, virus, dan basil pada tangan. Malah virus dan basil hidup yang tersisa sanggup menjadi resisten kepada antibiotik, tergolong amoxicillin. Lebih baik gunakan hand sanitizer biasa dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.



Infografis: SehatNegeriku
Referensi: PromKes

Comments

Popular posts from this blog

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Memperpendek Usia

Bahaya Kelamaan Tidur

Orang Renta Bertanggung Jawab Bangkit Abjad Emosional Anak