Hal Tak Terduga Pemicu Sakit Kepala

Hampir siapa pun pernah sakit kepala. Sakit kepala kerap kali tiba tiba-tiba dan sungguh mengusik kesibukan sehari-hari. Penyebab setiap orang terjangkit sakit kepala pun berbeda-beda. Banyak hal yang sanggup menjadi pemicu sakit kepala. Apa saja?

Behubungan seks
Sebuah studi yang dipublikasikan oleh British Journal of Medical mengungkapkan, 1 dari 100 orang terjangkit sakit kepala tiba-tiba di saat bermitra seks. Menurut peneliti, serangan sakit kepala sanggup terjadi di saat kontraksi otot dalam kesibukan seksual. "Sakit kepala 'Orgasmic' lebih sering terjadi pada laki-laki," tulis tim peneliti Inggris.

Dehidrasi
Kurang minum akan membuat dehidrasi. Dehidrasi pun sanggup menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Studi dari University of Connecticut menunjukkan, kehilangan cairan tubuh akan menghasilkan situasi hati menjadi buru dan menghasilkan seseorang sukar berpikir jernih.

Handphone
Terlalu erat dan usang memandang layar handphone sanggup menyebabkan sakit kepala. Menurut observasi dari Journal of Clinical dan Diagnostik Research, otot-otot di mata akan melakukan pekerjaan lebih keras di saat memandang layar handphone terlalu erat dan lama.

Penelitian lebih lanjut pun menunjukkan, rasa sakit kepala sanggup meningkat jikalau membungkukkan kepala dan leher di saat memandang layar handphone.

Untuk merenggangkan sakit kepala, peneliti menyarankan Anda untuk mengistirahatkan mata dari layar handphone minimal selama 20 detik.

Banyak minum kopi
Terlalu banyak kafein seumpama meminum kopi pada pagi hari sanggup menyebabkan sakit kepala, menurut National Headache Foundation. Minumlah kafein seperlunya pada pagi hari. Rasa sakit kepala atau sakit kepala pun akan reda.

Deadline
Dikejar tenggat waktu pekerjaan sanggup membuat seseorang stres. Para peneliti di Jerman pun menyaksikan bahwa stres menyebabkan sakit kepala.

Untuk meminimalisir stres dan sakit kepala, peniliti menyarankan Anda untuk melakukan yoga maupun meditasi.

Kemacetan kemudian lintas
Siapa yang tidak stres menghadapi kemacetan kemudian lintas? Keadaan stres kembali dihubungkan dengan sakit kepala.

Tak cuma stres, pemicu sakit kepala yang lain adalah polusi asap kendaraan bermotor yang melepaskan nitrogen dioksida (NO2) ke udara. Penelitian di Kanada dan Israel menyaksikan bahwa NO2 sanggup menyebabkan peradangan dan konstriksi pembuluh darah sehingga membuat sakit kepala berat.

Petir
Pernahkah Anda merasa sakit kepala di saat banyak kilat atau petir di saat ekspresi dominan hujan? Tak jauh berlawanan dengan asap kendaraan bermotor, petir atau kilatan juga melepaskan NO2 lewat reaksi elektrostatik. NO2 inilah yang diandalkan sanggup menyebabkan sakit kepala.



*Infografis: Sehat_Negeriku
*Referensi: Kompas

Comments

Popular posts from this blog

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Memperpendek Usia

Bahaya Kelamaan Tidur

Orang Renta Bertanggung Jawab Bangkit Abjad Emosional Anak