Cara Minimalisir Berat Badan

Warga obesitas meliputi sepertiga populasi dunia atau 2 miliar orang menurut studi jurnal medis The Lancet. Sejak tahun 1980 obesitas melonjak tinggi di banyak negara, tergolong Indonesia yang masuk 10 besar.

Sebuah survei di 188 negara yang disusun oleh periset kesehatan Amerika Serikat dan dirilis hari Kamis (29/5/14) menyimpulkan bahwa tidak ada negara yang berhasil membalikkan tren obesitas sejak tahun 1980. Kenaikan rata-rata berat tubuh tertinggi sanggup dijumpai di Timur Tengah dan bab utara Afrika.

Di seluruh dunia, prevalensi obesitas pada warga cukup umur sudah meningkat 28 persen dalam tiga dekade terakhir, dan sebesar nyaris 50 persen pada anak-anak.

Kelebihan berat tubuh juga berujung pada 3,4 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2010, menurut Studi Penyakit Beban Global yang disusun oleh Institut Kesehatan dan Metrik dan Evaluasi (IHME) di Universitas Washington.

Selain alasannya gizi yang tidak cocok dan kurang olahraga, kelebihan berat tubuh juga diakibatkan oleh stres, obat-obatan tertentu, kurang tidur dan kecenderungan genetik.
Periset menggunakan perkiraan menurut berat tubuh serta tinggi. Seseorang yang kelebihan berat tubuh rasionya 25 atau lebih.

Ada banyak sekali sistem untuk itu minimalisir lemak. Misalnya yang disebutkan Sven-David Müller dalam buku "Die effektivsten Fatburner" (pembakar lemak efektif). Tapi yang utama yakni makan makanan yang tepat, dan berolahraga. Berikut 12 cara minimalisir berat badan:

Makanan Yang Bakar Lemak
Menurut studi majalah kesehatan AS "Journal of Nutritional Biochemistry“ makanan yang sanggup mengkremasi lemak tubuh antara lain semangka. Jika orang memakan makanan berlemak dan setelahnya makan atau minum setengah liter sari semangka. Kemungkinan berat tubuh bertambah sanggup jadi menyusut 30%. Semangka mengandung asam amino Citrulin, yang bertugas mengendalikan kadar kolesterol pada darah.

Kafein Dorong Pengurangan Lemak
Dengan dampaknya yang menstimulasi tubuh, kafein mendorong penggunaan energi. Kafein tidak cuma sanggup didapatkan dalam kopi, melainkan juga teh hijau, coklat dan minuman untuk memperbesar energi.

Serat Pangan Baik bagi Tubuh
Serat pangan sungguh sehat. Bisa menurunkan kadar kolesterol, menghasilkan orang merasa kenyang lebih usang dan mendorong pencernaan. Rasa kenyang ditimbulkan serat pangan yang tidak tercerna mengikat cairan di dalam lambung, sehingga orang merasa lambung penuh. Serat pangan terdapat pada roti sarat biji-bijian, juga polong-polongan, buah yang kulitnya juga dimakan, dan sayuran.

Pisang Yang Belum Terlalu Matang
Buah-buahan punya banyak serat pangan dan nyaris tidak mengandung kalori sama sekali. Yang baik untuk "membakar" lemak yakni pisang yang belum terlalu matang, yang masih mengandung apa yang disebut pati resistan. Selain itu, alkaloid yang menyebabkan rasa pahit pada jeruk keprok sanggup meningkatnya pembakaran lemak. Sedangkan pepaya mengandung ensim yang penting bagi metabolisme.

Ikan Membakar Lemak
Pada ikan, yang efektif untuk mengkremasi lemak tidak cuma protein. Melainkan juga asam amino yang jadi materi yang digunakan tubuh untuk memproduksi Noradrenalin dan Dopamin. Kedua hormon ini menolong pembakaran lemak di tubuh. Selain itu, minyak ikan sungguh sehat, alasannya melindungi tubuh dari serangan jantung dan penggumpalan darah.

Cabai Lawan Lapar Makanan Manis
Berbagai rempah-rempah mendorong penghematan lemak. Paprika mengandung Capsaicin, yang dorong peredaran darah dan mengkremasi kalori. Capsaicin juga ada dalam Tabasco, cabe dan rempah lain yang pedas. Kayu elok mengandung aroma yang menurunkan gula darah dan jadi senjata efektif melawan perasaan lapar akan makanan manis.

Makan Tiga Kali Sehari
Orang yang sarapan pagi, umumnya lebih langsing ketimbang mereka yang cuma minum kopi di pagi hari. Yang paling efektif untuk menghemat berat tubuh yakni makan sampai kenyang tiga kali sehari. "Snack" dan makanan kecil yang lain semestinya dihindari.

Makan dengan Tenang
Jika orang makan sampai kenyang maka penghematan berat tubuh sanggup sukses, dan rasa lapar yang tiba-riba timbul sanggup dihindari. Karena rasa kenyang gres timbul antara 15-20 menit sehabis orang mulai makan, semestinya memakan makanan perlahan-lahan. Jika tidak, mungkin orang makan lebih banyak dari yang diinginkan tubuh.

Tidak Perlu Olah Raga Berat
Tidak peduli usia, olah raga penting. Tapi tidak perlu olah raga berat. Berjalan-jalan jikalau tidak ditangani dengan santai sudah mendorong pembakaran lemak dan metabolisme. Menurut studi asuransi kesehatan Jerman, warga Jerman terlampau banyak duduk, yakni tujuh jam per hari.

Istirahat Tingkatkan Efektivitas
Pergerakan tubuh butuh energi dan menghemat lemak pada tubuh. Orang yang berolahraga, sanggup mengembangkan imbas ini dengan beristirahat secara teratur. Pembakaran lemak meningkat jikalau orang menyelipkan 15 menit dalam satu jam olah raga. Selain itu, latihan olah raga dalam segmen panjang namun sedikit lebih efektif ketimbang beberapa latihan dalam segmen yang singkat.

Pekerjaan Rumah Tangga
Di samping itu, tidak senantiasa mesti berupa olah raga. Menyapu lantai rumah, menaiki tangga, melakukan pekerjaan di halaman juga membutuhkan kalori dalam jumlah besar. Sebaiknya tidak menggunakan lift dan tangga jalan. Selain itu jikalau mungkin, tidak menggunakan kendaraan beroda empat melainkan sepeda.

Ketenangan Juga Mengurangi Berat Tubuh
Kabar baik. Untuk menghemat berat tubuh orang tidak senantiasa mesti bersusah-payah. Relaksasi dan ketenangan juga perlu, dan menolong penghematan berat badan. Mungkin yoga di kantor? Studi klinik universitas Aachen menunjukkan, orang berbobot tubuh besar yang melatih relaksasi sanggup menghemat bobot tubuh lebih baik.



Infografis: Sehat_Negeriku
Referensi: DW / DW

Comments

Popular posts from this blog

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Memperpendek Usia

Bahaya Kelamaan Tidur

Orang Renta Bertanggung Jawab Bangkit Abjad Emosional Anak