Mengapa Wanita Hamil Perlu Bersihkan Karang Giginya?

Ahli jaringan gusi dan tulang penyangga gigi menyarankan para wanita hamil secepatnya membersihkan karang gigi dan memeriksakan gusinya ke dokter.

"47 persen wanita hamil rentan kena problem gusi, alasannya berafiliasi dengan hormonal. Oleh alasannya itu, wanita hamil wajib ke dokter untuk bersihkan karang gigi dan gusinya," ujar Drg. Sandra Olivia, MARS, Sp. Perio, di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Sandra mengungkapkan, dikala wanita hamil, kadar hormon estrogen dalam tubuhnya naik dan turun (tak stabil). Kondisi ini salah satunya berefek pada metode daya tahan tubuh.

"Ketika hamil, naik turunnya hormon estrogen dapat menurunkan ketahanan gusi kepada bakteri. Oleh karenanya, di saat timbul plak di gigi, bengkaknya gusi dapat luar biasa. Padahal dalam keadaan biasa, bengkaknya tidak hebat," kata dia.

Karang gigi bahwasanya terbentuk akhir penumpukan plak di gigi. Plak ini ialah akar dari aneka macam problem gusi, salah satunya radang gusi.

Sandra mengatakan, suatu observasi menunjukkan, permasalah gusi pada wanita hamil dapat berefek pada bayi yang nanti ia lahirkan. Di antaranya, menyebabkan bayi lahir lebih cepat, ibu mengalami keracunan kehamilan dan bayi lahir dengan berat rendah.

"Masih dalam tahap observasi mengapa kenapa radang gusi dapat menyebabkan keracunan kehamilan, bayi prematur dan berat tubuh bayi rendah," kata Sandra.



* Infografis: Sehat_Negeriku
* Referensi: Antaranews

Comments

Popular posts from this blog

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Memperpendek Usia

Bahaya Kelamaan Tidur

Orang Renta Bertanggung Jawab Bangkit Abjad Emosional Anak